Siapa Pencetus Mobnas Esemka?

img
 

Kursi di dalam kabin yang masih terbungkus plastik.

 

img
Joko Sutrisno (Ikhsan)

Solo – Mobil Esemka kian tenar seiring antusiasme masyarakat Indonesia pada mobil karya siswa SMK Solo itu. Namun ada juga yang mencibir kehadiran mobil satu itu dengan berbagai alasan. Lalu siapa orang yang berada di balik proyek nasional mobil Esemka?

Kordinator Pembelajaran Industri Kreatif di SMKN 2 Surakarta, Dwi Budhi Martono mengatakan pencetus mobil Esemka tidak lain adalah Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud, Joko Sutrisno.

“Awalnya adalah Pak Joko Sutrisno. Dia yang paling peduli dengan anak-anak SMK,” ucap Toto kepada detikOto, Kamis (5/1/2012.

Toto menjelaskan, selain peduli dengan siswa SMK, hadirnya Esemka di Solo karena Joko sangat melihat potensi siswa SMK se-Solo sangat besar. Siswa SMK di Solo diakui Joko di luar kemampuan siswa se-Jawa.

Dan menurut cerita Toto lainnya, Joko bernafsu menjadi Solo sebagai kota yang melahirkan banyak produk otomotif. Toto melihat langkah ini bakal berhasil, sesuai dengan citra Solo sebagai kota Vokasi (pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan keahlian terapan tertentu ) di tanah air.

“Solo terkenal dengan kota Vokasi. Vokasi adalah kalau mau belajar teknologi dan keterampilan ya datang ke Solo. Ini semua menciptakan akselerasi pertumbuhan SMK,” pungkas Toto.

Toto pun berkeyakinan Solo yang juga terkenal dengan kota bunga akan mendapati SMK akan lebih banyak daripada SMU. Prediksi tersebut bakal terungkap pada 2014. Karenanya untuk mengantisipasi hal itu, SMK-SMK ditunjang dengan pendidikan dan pembelajaran industri otomotif kreatif.

“Nanti di 2014 70 persen SMK dan 30 persen SMU. Kita sudah mulai kembangkan untuk mengarah pada industri otomotif. SMK di Solo juga nantinya akan mendukung industri otomotif dengan cara meningkatkan pembelajaran industri kreatif, siswa-siswa akan semakin kompetitif,” yakinnya.

Maka dari itu, sejak dini para SMK sudah mulai merakit mobil dengan menggaet vendor lokal. Diantaranya mobil Esemka Rajawali dan Digdaya. Mobil tersebut pun digadang-gadang sebagai mobil keluarga yang pantas dijunjung tinggi karena hasil anak bangsa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s