5 Langkah Cepat Hentikan Nyeri Punggung

shutters

KOMPAS.com — Perilaku gaya hidup modern bisa menyebabkan risiko terkena nyeri punggung. Perilaku itu terutama duduk terlalu lama di depan komputer atau menonton televisi. Meski begitu, sakit pada punggung juga bisa disebabkan karena kelainan pada tulang belakang atau saraf yang terjepit.

Nyeri punggung diderita 8 dari 10 orang dalam hidupnya. Kaum wanita berisiko nyeri punggung lebih besar daripada pria. Pemicunya adalah postur tubuh yang kurang baik. Kehamilan dan juga aktivitas menggendong anak bisa meningkatkan keluhan ini.

Keluhan nyeri punggung disebabkan karena postur tubuh yang salah atau kurangnya aktivitas fisik sebenarnya bisa dicegah, bahkan keluhannya dikurangi. Ikuti langkah mudah berikut ini untuk mengurangi risiko sakit punggung.

1. Konsumsi brokoli

Kalsium memang kunci untuk tulang yang kuat, tetapi penelitian di Jepang menunjukkan ada vitamin lain yang dibutuhkan, yakni vitamin K. Vitamin ini banyak ditemukan pada brokoli, bayam, dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya. Konsumsi vitamin K yang cukup membantu kalsium memadatkan tulang sehingga lebih kuat.

2. Kurangi beban

Tak banyak orang yang menyadari bahwa tas yang mereka bawa setiap hari merupakan salah satu pemicu sakit punggung. Bila berat tas yang Anda bawa setiap hari lebih dari 10 persen berat badan Anda, itu berarti bebannya terlalu berat. Untuk mencegah sakit punggung, peringan bawaan Anda.

3. Alas tidur yang tepat

Studi terbaru yang dilansir dalam jurnal Spine menyebutkan, alas tidur yang keras tidak lebih baik daripada alas tidur yang lembut dalam mencegah nyeri punggung. Perhatikan pula bantal yang dipakai. Sebaiknya bantal tidak terlalu tinggi.

4. Kuatkan otot perut

Perkuat otot-otot di sekitar batang tubuh (core) dengan latihan yang tepat. Caranya, berbaringlah telentang dengan lutut ditekuk dan punggung rata di lantai. Kempiskan perut hingga punggung sedikit terangkat dan otot perut berkontraksi. Lakukan sampai tiga set dengan pengulangan 12 kali.

5. Miliki postur tubuh yang baik

Bila pekerjaan mengharuskan Anda duduk lebih dari 5 jam setiap hari, pastikan Anda duduk tegak di sandaran kursi. Bila perlu, tambahkan bantal kecil untuk menyangga punggung. Kedua kaki sebaiknya berada di lantai, bukan disilangkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s