7 alasan sehat minum kopi

Selain dikenal sebagai minuman yang lezat, kopi dapat mencegah Anda dari serangan berbagai macam penyakit.

Siapa yang tidak suka minum kopi di pagi hari? Hampir semua orang di dunia begitu menggemari minuman ini karena dianggap memberikan tambahan energi dan menghilangkan rasa kantuk dengan seketika. Selain itu, kopi juga dikenal sebagai minuman yang dapat mencegah Anda dari serangan berbagai macam penyakit.

Berikut 7 alasan sehat mengapa minum kopi baik untuk kesehatan Anda:

1. Mencegah Diabetes

Jika Anda suka mengonsumsi kopi murni, Anda berpeluang hampir 60 % menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 daripada yang tidak minum kopi. Kandungan magnesium dan kromium yang terdapat pada kopi dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

2. Mencegah Kanker Kulit

Kesimpulan ini diperoleh para ilmuwan dari Universitas Rutgers, Amerika Serikat. Penelitian menunjukkan, kafein memiliki senyawa kimia yang bila diterapkan dalam kulit dapat menyerap radiasi ultraviolet. Ini adalah upaya preventif atas perkembangan tumor.

3. Mencegah Stress

Aroma kopi dapat membuat tubuh Anda lebih segar. Saat Anda stres, aroma kopi juga membantu Anda redakan stres, dengan memicu aktivitas gen yang berfungsi melindungi sel-sel syaraf dari stress.

4. Mencegah Gigi Berlubang

Minum kopi ternyata dapat mencegah gigi berlubang. Menurut penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemistry, senyawa yang terdapat pada kopi yaitutrigonelline, memiliki sifat antibakteri yang dapat menjaga rongga mulut dari serangan kuman seperti streptococcus mutans, yang dapat menyerang enamel gigi.

5. Mencegah Parkinson

Orang dengan riwayat keluarga peminum kopi berpeluang kecil terkena penyakit neurologis seperti parkinson. Kafein pada kopi ataupun teh berkafein, dapat bereaksi pada gen yang disebut GRIN2A untuk membantu menurunkan risiko parkinson.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Peneliti Belanda menemukan bahwa orang yang minum kopi dua hingga empat cangkir sehari berhasil menurunkan risiko penyakit jantung mereka sebanyak 20 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi. Antioksidan yang terdapat pada kopi memberikan perlindungan yang baik dari radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

7. Mencegah Kanker Mulut Dan Tenggorokan

Sebuah penelitian di Italia menemukan bahwa kandungan kafein pada kopi mencegah munculnya kanker mulut dan tenggorokan. Mereka yang minum kopi sekitar empat cangkir atau lebih sehari mengurangi risiko kanker mulut tertentu dan tenggorokan hampir 40 persen.

Konsumsilah kopi Anda secara bijaksana. Minum kopi berlebihan dapat menyebabkan gangguan tidur, sakit perut atau jantung berdebar. Anda juga perlu membatasi minum kopi jika Anda dalam keadaan hamil atau mempunyai tekanan darah tinggi. Untuk keamanan, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum Anda minum kopi Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s