Berapa Lama Kita Butuh Tidur?

Metrotvnews.com: Tidur merupakan kebutuhan manusia. Anda akan merasa lebih segar setelah mendapatkan tidur dan istirahat yang cukup. Namun, terlalu banyak tidur juga tidak baik bagi kesehatan. Berapa lama waktu ideal kita tidur?

Setelah melakukan percobaan, ilmuwan Amerika menyimpulkan, tiga hari libur lebih baik bagi manusia dibandingkan dua hari (pada Sabtu-Ahad). Penelitian ini melibatkan 159 orang dewasa. Mereka adalah orang yang selama seminggu tidur empat jam sehari, dan sepuluh jam pada hari Sabtu dan Ahad.

Pada akhir minggu, peneliti memeriksa kondisi partisipan. Mereka menyimpulkan, libur dua hari selama satu minggu sangat tidak mencukupi. Ini menimbulkan penyakit kurang tidur yang bisa membahayakan kesehatan. Untuk mengatasinya, para ilmuwan mengusulkan penambahan hari libur menjadi tiga hari. Pada waktu libur, orang-orang benar-benar bisa menggunakan waktu untuk tidur sesuai kebutuhan tubuhnya.

Somnologists (ahli kesehatan yang berhubungan dengan tidur) modern menyatakan, orang dewasa membutuhkan sedikitnya lima jam tidur di malam hari agar tetap sehat. Selain itu, yang mengejutkan, para ahli mengatakan, tidur siang sebenarnya sedikit berbahaya bagi kesehatan. Sebuah eksperimen paralel menunjukan, orang yang memilih tidur di siang hari rentan mengalami peningkatan risiko diabetes.

Permasalahan waktu tidur ini terus mengalami perubahan. Pada awalnya para ahli mengatakan, tidur selama tujuh sampai delapan jam akan baik bagi kesehatan, lalu berkurang menjadi enam setengah jam, dan kini lima jam. Amat mungkin angka-angka kembali berubah. (geniusbeauty/**)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s